18 Desember 2011

CINTA SEJATI BUNDA

Identitas Cerpen
 Judul Cerpen : Malaikat Juga Tahu (dalam kumpulan cerpen Rectoverso)
 Penulis : Dewi Lestari (Dee)
 Cerpen terdapat pada halaman : 11 – 21
 Penerbit : Goodfaith
 Cetakan ke- : IV (Januari 2009)



Cerpen “Malaikat Juga Tahu” diawali dengan pemaparan mengenai tokoh Abang. Cerpen ini bercerita tentang tokoh Bunda yang memiliki dua orang anak. Anak pertamanya yang biasa dipanggil Abang menderita keterbelakangan mental. Abang mencintai seorang gadis. Namun gadis tersebut mencintai anak kedua Bunda yang normal. Kasih sayang dan kesabaran Bunda menjadi fokus dalam cerpen ini.

Cerpen ini dikemas menjadi menarik oleh Dee dengan penokohan yang kuat, terlihat dari caranya mendeskripsikan setiap tokohnya dengan jelas, membuat pembaca ikut merasakan apa yang dialami oleh tokoh. Padatnya narasi pada cerpen ini memudahkan pembaca untuk memahami alur cerita. Gaya bahasa Dee dalam menuliskan cerpennya melayangkan imajinasi pembaca. Perumpamaan-perumpamaan yang ia gunakan pun semakin memberi nilai tambah bagi cerpen ini. Hal lain yang menarik adalah Dee juga menuangkan cerita ini dalam bentuk lagu dengan judul yang sama.

Seperti cerpen-cerpen lain yang tidak selalu berakhir indah, cerpen ini diakhiri dengan perginya gadis yang Abang cintai dengan sang Adik, meninggalkan Abang yang tertekan bersama Bunda. Cerpen ini mengandung makna yang sangat dalam. Dari cerpen ini kita dapat mengetahui betapa besarnya cinta dan kasih Bunda pada Abang. Cinta sejati yang tak dapat ditemukan pada orang lain.

Cerpen ini cocok dibaca oleh remaja atau dewasa, dengan harapan pembaca dapat lebih peka terhadap cinta dan kasih seorang ibu.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar