15 November 2010

Pupil Membesar Saat Buat Keputusan.. :)


Tahukah Anda ketika seseorang sedang membuat keputusan penting, pupil matanya akan membesar. Perbesaran pupil ini bisa menjadi isyarat untuk memprediksi niat seseorang.


Seperti dikutip dari New Scientist, pupil membesar ketika terjadi perubahan warna yang lebih gelap, juga ketika seseorang mengalami stres. Refleks ini diperngaruhi pelepasan hormon noradrenalin. Olivia Carter, ahli syaraf dari University of Melbourne, memperkirakan, hormon yang juga berfungsi dalam pengaturan memori pada hewan ini, berhubungan dengan aspek kognitif manusia.


Untuk mengetahuinya secara lebih detail, Olivia bersama timnya meminta relawan untuk memilih satu dari lima digit angka yang diacak dalam monitor. Mereka diminta memilih satu angka dalam dua detik menggunakan tombol yang ada. Dari hasil pemindaian mata para relawan terlihat perbesaran pupil selama dipaksa memilih satu angka dalam dua detik.


Hasil itu memperkuat penelitian terdahulu, 2008. Kala itu, Carter dan timnya menemukan bahwa perbesaran pupil terjadi ketika seseorang dihadapkan situasi yang memaksanya untuk memilih satu dari dua alternatif yang disodorkan.



source : vivanews.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar